• Ya ALLAH,jika Engkau mengirimkan dia sebagai jodohku, maka ajarkanlah dia cara menghargai dan memahami perasaanku. !

    Sejarah, Logo dan Arti Tut Wuri Handayani


    Havinhellnet– Sejarah, Logo dan Arti Tut Wuri Handayani Siapapun orangnya jika kembali mengingat sejarah awal mula pendidikan di Indonesia, maka kita akan langsung mengingat satu pejuang bangsa, juga sebagai bapak pendidikan Indonesia, yaitu Ki Hajar dewantara bersama Taman Siswanya di jaman dahulu kala. Salah satu tujuan dibuatnya Lembaga pendidikan tersebut adalah bertujuan guna membuat budaya tanding kepada pendidikan kolonial di masa tersebut. Selian itu, masalah pendidikan ada maksud tertentu dan terpenting, yaitu menyadarkan kepada bangsa ini dari keterjajahan oleh bangsa penjajah, baik dijajah secara fisik dan budaya. Sejarah singkat siapa orang yang pertama kali mencetuskan semboyan Tut Wuri Handayani pastinya dia adalah Ki Hajar Dewantara. Pertama kali yang mendirikan Taman Siswa, pada tanggal 3 Juli 1922 silam, dimana di Taman siswa tersebut ada sekitar 7 pasal asas yang dijadikan sebagai pedoman bagi semua Taman Siswa yang ada di tanah air sampai sekarang ini. Raden Soewardi Soerjaningrat adalah nama asli Ki Hajar Dewantara, yang pertama kali mengucapkan dan membuat semboyan Tut Wuri Handayani.
    Tut Wuri Handayani dalam bahasa jawa bermakna “Ing ngarso sung tulodho, ing madyo mangun karso, tutwuri handayani ” yang artinya, Guru Di depan sebagai contoh atau panutan, dan Guru bertindak sebagai guru yang bearda di tengah sebagai seorang pelopor mencetuskan ide kepada semua muridnya, dengan terus berupaya penuh memberikan dorongan dan arahan,”


    Lambang atau Logo Tut Wuri Handayani :
    Hampir kebanyakan orang akan menyebutnya sebagai Tutwuri Handayani yang aslinya adalah Lambang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai adanya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan NO. 0398/M/1977 tertanggal 6 September 1977, dengan perincian arti lambang sebagai berikut :
    1. Logo Bidang Segi Lima (warna Biru Muda)
    Artinya, menggambarkan alam kehidupan dari Pancasila.
    2. Logo Semboyan Tut Wuri Handayani
    Dipakai Ki Hajar Dewantara pada pelaksanaan di sistem pendidikannya. Dengan arti penghargaan juga penghormatan kita kepada almarhum Ki Hajar Dewantara yang hari lahirnya sudah dijadikan Hari Pendidikan Nasional.
    3. Logo Belencong Menyala Bermotif Garuda
    Artinya sebagai lampu yang bisa membuat pertunjukan menjadi semakin hidup. dan arti Burung Garudaadalah sebuah gambaran sifat dinamis, gagah perkasa, juga mampu dan berani mandiri mengarungi luasnya angkasa.
    4. Logo Buku
    Artinya, jika buku itu adalah sumber untuk semua jenis ilmu yang bisa bermanfaat untuk kehidupan manusia.
    5. Logo Warna
    Warna putih di ekor juga sayap garuda lalu buku artinya suci, bersih tanpa adanya pamrih. Warna kuning emas di api yang menyala, artinya keagungan dan keluhuran dari sebuah pengabdian. Warna biru muda di bidang segi lima artinya  jiwa pengabdian yang tidak akan kunjung putus dengan mempunyai  pandangan hidup yang sangat mendalam.

    source:http://www.indoberita.com/2015/09/2523567/sejarah-logo-dan-arti-tut-wuri-handayani/



     

    Kata Romantis

    Andai aku bisa menjadi bagian dari dirimu, maka aku memilih untuk jadi air matamu yang selalu tersimpan dalam hatimu, yang lahir dari mata indahmu, bertahan hidup di pipimu, hingga mati di bibirmu.